Sebagian ummat Islam, yang aktif menyalah-nyalahkan kelompok lain, sering mengatakan bahwa semua kelompok Islam adalah kelompok Hizbiyyah, karena mereka telah membentuk kelompok-kelompok di dalam tubuh ummat Islam yang pada akhirnya memecah belah ummat Islam sendiri.

Intinya, mereka mengatakan bahwa “Hizbiyyah = kelompok”, sehingga mereka menyalahkan semua kelompok yang ada, dan mengklaim bahwa islam yang benar adalah islam yang tidak ada embel-embel kelompoknya.

Benarkah pendapat “Hizbiyyah = kelompok” ini ?

Pendapat Syaikh bin Baz

Ketika ditanya tentang jamaah-jamaah Islam yang berada di dalam ummat Islam, Syaikh bin Baz menjelaskan:

“Adapun jama’ah-jamaah jika terdapat banyak jenisnya di negara2 kaum muslimin yg kesemuanya bertujuan kebaikan dan membantu serta saling tolong-menolong dlm kebaikan dan ketaqwaan diantara kaum muslimin serta tdk mengikuti hawa nafsu, MAKA ITU SEMUA ADALAH BAIK DAN BAROKAH SERTA MANFAATNYA SANGAT BESAR, … “

Dari tulisan di atas, bisa dilihat bahwa Syaikh bin Baz sendiri berpendapat bahwa Hizbiyyah itu tidak sama dengan kelompok. Sebab kalau “Hizbiyyah = kelompok”, tidak mungkin beliau mengatakan bahwa itu semua adalah baik, barokah, dan bermanfaaat.
Selanjutnya, beliau menjelaskan:

“… adapun jika JAMA’AH TSB SALING MEMFATWAKAN SESAT THD JAMA’AH YG LAINNYA DAN MENJELEK-JELEKKAN PERBUATAN JAMA’AH LAINNYA MAKA JAMA’AH TSB ADALAH JAMA’AH YANG MEMILIKI KEBURUKAN SERTA BAHAYA YG SANGAT BESAR.”

Inilah penjelasan dari Syaikh tentang”Jamaah yang hizbiyyah”.

Artinya, makna Hizbiyyah bukanlah “kelompok”. Makna Hizbiyyah yang sebenarnya adalah “kelompok yang fanatik pada kelompoknya sendiri, dan dengan keyakinan itu mereka aktif membid’ah-bid’ahkan kelompok lain dan menjelek-jelekkan kelompok lain”.

Inilah kelompok yang “hizbiyyah” dalam makna sebenarnya. Inilah kelompok yang mendapat gelar “dharaarun ‘azhim” (memiliki keburukan yg luar-biasa besar) oleh Syaikh bin Baz sendiri pada penjelasan beliau di atas. Dan kelompok ini pula-lah yang telah menyalah-artikan makna hizbiyyah, dari makna sebenarnya menjadi makna “hizbiyyah = kelompok”.

Semoga bisa menjadi pelajaran untuk kita semua.

Penjelasan Syaikh bin Baz di atas bisa dilihat di:

http://www.binbaz.org.sa/mat/46